Monday, July 21, 2008

Ciao Italia!

Penulis: Gama Harjono
Penerbit: Gagas Media, 2008

Buku ini adalah catatan sang penulis selama satu tahun menjadi mahasiswa di Perugia, Italia.
Pertama kali tahu buku ini ada, saya langsung tertarik banget pengen beli. Alasannya satu: I looooooovveeee Italia! *mungkin kalau disuruh milih untuk terlahir nggak sebagai orang Indonesia, saya akan milih jadi orang Italia * Kenapa saya cinta sama Italia, mungkin kedengerannya konyol banget: karena sepakbolanya
Tapi buku ini membuka mata saya bahwa Italia nggak hanya melulu soal sepakbola. Atau betapa fantastisnya Milan dengan ratusan butik-butik berlabel desainer dunia yang dimilikinya.
Gama berhasil menceritakan Italia dari segi berbeda. Segi pariwisatanya dibahas dengan sangat unik. Di masa liburan kuliahnya, dia kerap mengunjungi kota-kota di sekitar Perugia *bahkan sekali dia sampai ke Prancis*, dengan kocek seorang mahasiswa, yang tentu saja nggak tebal, tapi liburannya selalu asyik!
Selain mengupas tentang tempat-tempat wisata, arsitektur bangunan, atau event-event apa yang sedang diselenggarakan di kota yang dikunjunginya, ia juga berbagi kisah tentang makanan yang menjadi ciri khas di daerah tersebut. Contohnya, saat berada di Naples, dia membahas tentang lezatnya pizza margherita, sekaligus asal-usul mengapa pizza itu bisa diberi nama margherita! *ooh, saya nggak akan ceritain di sini, silakan baca sendiri biar penasaran *
Dan banyaaaaaakkk lagi informasi tentang Italia yang saya dapat dari buku ini. Seperti tentang gondola Venesia *yang ternyata tarifnya semakin malam semakin mahal!*, Milan yang ternyata dinilai orang-orang Italia sebagai kota yang sulit membuat jatuh cinta *karena kondisi kotanya yang penuh dengan gedung-gedung modern, berbeda jauh dengan kota-kota lainnya di Italia*, sampai ke pesta-pesta para mahasiswa yang tinggal di Italia, seru banget!
Aaaahhh beneran deh, buku ini serasa membawa saya beneran sampai ke Italia! Top banget! Wajib baca!

2 comments:

Ajeng Sueztika said...

saia juga suka sangad sama buku ini steph........
Serasa ke Italia beneran deh, secara saya emg pgn bgt kesana hehehehe....

Stephanie Zen said...

iyaaaaa kapan yaaa aku bs ke italia? :D