Friday, March 14, 2008

Beginilah Indonesia...

Saya baru habis dari Kantor Kelurahan, ngurus perpanjangan KTP. Bareng sama Tante Esther yang ngurus surat pindah.
Berhubung baru kali ini ngurus surat-surat ribet-belibet-njelimet itu sendiri *dulu yang ngurus waktu pertama bikin KTP tuh si Papa*, saya agak kaget dengan segala prosedurnya.
Jadi singkatnya, kalau mau ngurus perpanjangan KTP tuh pertama kita harus minta Surat Pengantar dari RT. Dapat surat dari RT, kita harus ke RW, minta tandatangan sama Pak RW-nya *FYI, Pak RW saya sekarang bener-bener orang yang jujur dan bukan tukang pungli seperti yang sebelumnya *
Waktu di rumah Pak RW, saya sama Tante Esther memang sudah dibilangi kalau di Kantor Kelurahan nanti pasti dikenai biaya, walau SEHARUSNYA TIDAK. Biaya admin SEHARUSNYA hanya dibayar di Kantor Kecamatan, cuma 10.000 perak, itu pun sudah termasuk biaya foto KTP.
Tapi tadi waktu di Kantor Kelurahan, masa Pak Lurahnya bilang, “Mbak, kalau pindah dikenakan biaya 25.000, nggak papa kan, Mbak? Kalau pindah kan harus ada kenang-kenangannya...”
ANJRIT! Tanpa dosa bo dia ngomong kayak gitu!
Berhubung saya sama Tante Esther lagi laper, plus hawa panasnya lagi kagak nahan, kita ho’oh-ho’oh aja. Biar cepet lah.
Eh, habis itu Mr. Lurah Yang Mulia bilang lagi, “Tapi nanti di Kantor Kecamatan tetap dikenai biaya administrasi lho, Mbak, nggak papa, kan?”
MONYEEEEETTTT!
Pantes aja banyak penduduk di negara ini yang males buat ngurus KTP dan segala tetek-bengeknya itu. Habisnya, udah ribet, dipungutin duit mulu, pula!
Memang beginilah Indonesia...

3 comments:

naZ said...

emang begitulah indonesia steph.
tp kalo d balikpapan dh ga ada RW. jd kalo perpanjangan ktp dr pak RT langsung kecamatan. kelurahan cm kalo pindah ato ngurus KTP hilang.
tp soal pungutan liar mah pasti ada.

Ajeng said...

itu masih mending steph...
lancar kan ngurusnya
kalo aQ kemaren itu uda disuruh bayar 50rb
diulet-ulet pula
sebelnya jadi 2x deh....

Stephanie Zen said...

huhuhuhu jadi makin prihatin yaa? x'( makanya indonesia gak maju2...