Tuesday, March 6, 2007

Rubbish Commercial Messages

aQ sering banget mengernyit kalau lihat iklan whitener di TV, mulai dari versi hand & body lotion, cream, sabun mandi, sampai facial foam.
Masalahnya, iklan-iklan ini selalu menonjolkan ‘putih itu cantik, hitam itu jelek’. Di setiap iklan whitener, selalu ada cewek yang minder sama kulit gelapnya, dan cowok dalam iklan cuma melihat sebelah mata sama si cewek karena kulitnya yang gelap. Tapi, let’s say, setelah cewek ini pakai sabun X selama 3 minggu, tiba-tiba dia jadi putih kinclong, dan cowok yang tadinya mencibir dia berbalik jadi terpesona setengah mati.
See? Iklan-iklan semacam ini seakan semakin ‘menyokong’ stereotip tentang kulit putih yang identik dengan cantik dan berpotensi membuat pemiliknya jadi digilai cowok-cowok. And I’m sick of these kind of commercials.
Jangan salah, aQ bukannya anti whitener lotion dan semacamnya itu. Yang bikin aQ muak adalah konsep iklannya. Kenapa nggak coba bikin konsep iklan yang lebih ‘bermutu’ sih?
Salah satu iklan TV yang membuatQ respek adalah iklan salah satu whitener lotion yang menggambarkan seorang cewek yang membantu nenek tua buta menyeberang jalan. Kalau agak lupa sama iklan ini, let me remind you: ini adalah iklan ketika si nenek bertanya “Baru ya di sini?” dan si cewek menjawab “Ini Mona, Nek.”
Nah… ingat, kan?
Iklan semacam ini memang nggak bakal mudah dilupakan, karena pesannya yang ‘ngena’ banget. Selain itu, aQ suka iklan ini karena ada nilai moralnya, nggak melulu tentang cewek yang pakai produk tertentu yang akhirnya digilai cowok-cowok. Trust me, those kind of commercial messages are rubbish. Kalau emang dengan pakai lotion X atau sabun Y then cowok-cowok bakal terpesona, kesiaaaann deh cowok-cowok itu kalau cewek sedunia pada pakai produk yang sama!
Udah ah, malah jadi sarkasme dan sinisme begini ;p Dan FYI, aQ nggak berniat men-judge produk-produk macam itu lho, cuma aQ kepengin aja iklan-iklan yang berseliweran di TV Indonesia lebih bermutu lagi.
Piss ahhhh! ;)

No comments: